Masalah Pada Pintu Kamar Mandi dan Cara Mengatasinya

 

Kamar mandi adalah ruangan yang terbilang paling lembab di dalam rumah karena fungsi utamanya untuk mandi dan tentunya rentan terkena air. Tidak heran jika pemilihan perabotan atau benda tertentu yang dibutuhkan kamar mandi membutuhkan perhatian khusus seperti memilih pintu aluminium yang tahan air. Pintu kamar mandi memang sering mengalami masalah, baik karena pemasangan yang kurang tepat, hingga material pintu yang tidak tahan lembab.

Masalah Pada Pintu Kamar Mandi dan Cara Mengatasinya

Keadaan kamar mandi yang hampir selalu lembab karena terkena air tentu menimbulkan permasalahan tersendiri bagi, salah satunya pada bagian pintu kamar mandi. Berikut ini informasi tentang berbagai problem terhadap pintu kamar mandi dan cara mengatasinya.

1. Berkarat Pada Bagian Tertentu

pintu karat

Masalah pertama yang sering terjadi pada pintu kamar mandi adalah dari segi tampilannya, yang terganggu oleh noda karat pada beberapa bagian. Walaupun sudah menggunakan pintu aluminium yang tahan karat, namun beberapa titik seringkali tidak menjadi perhatian.

Bagian tersebut adalah paku yang merekatkan pada engsel dengan pintu, ataupun handle dengan daunĀ pintu. Walaupun noda karat dari paku penghubung tidak terlalu jelas, namun hal ini akan menjadi masalah yang merusak tampilan pintu sehingga terlihat tua. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pemasangan, seseorang juga harus memperhatikan bahan paku yang digunakan, dan memastikan bahannya anti karat.

2. Muncul Bercak Jamur

 

Muncul Bercak Jamur

Masalah selanjutnya yang juga sering muncul terkait dengan penampilan pintu kamar mandi adalah timbulnya bintik-bintik jamur. Jamur ini biasanya mudah muncul pada bagian bawah kamar mandi yang sering luput dari perhatian. Hal ini disebabkan karena material pintu yang tidak tahan air, atau kalaupun sudah dipilih yang tahan air, namun perawatannya masih sangat jarang.

Untuk mengatasinya seseorang bisa memilih pintu kamar mandi aluminium atau bahan lainnya yang bisa tahan terhadap air dan jamur. Selain itu, pemilik rumah juga wajib membersihkan pintu secara rutin hingga bagian yang sulit dijangkau, agar tidak mudah terjangkit jamur.

3. Kerusakan Pada Engsel Pintu

 

Engsel Pintu

Kamar mandi adalah tempat yang paling sering dikunjungi dalam rumah dengan intensitas buka tutup pintu yang sangat sering terkait dengan privasi. Berbeda dengan pintu kamar tidur yang tidak terlalu sering dibuka tutup, karena dengan membiarkannya terbuka tidak akan menimbulkan masalah besar.

Intensitas inilah yang menyebabkan seringnya terjadi kerusakan pada engsel kamar mandi karena penggunanya yang tidak berhati-hati, mulai dari engsel yang terlepas, hingga patah dan tidak bisa diperbaiki lagi. Cara mengatasi hal ini tentu dengan menggunakan engsel yang berkualitas, dengan pemasangan yang baik dan benar agar tidak mudah terlepas.

4. Kusen Penghubung dengan Pintu Mudah Rapuh

 

Kusen Penghubung dengan Pintu Mudah Rapuh

Walaupun seseorang sudah menggunakan pintu kamar mandi aluminium yang tahan air,namun masalah kerusakan pintu kerap kali terjadi, salah satunya adalah rusaknya kusen penghubung antara tembok dengan daun pintu. Hal ini disebabkan karena beberapa orang yang ingin menghemat biaya melakukan pemasangan pintu sendiri, dengan bahan kusen dan pintu yang tidak selaras.seperti penggunaan pintu aluminium, namun menggunakan kusen berbahan kayu, dan enggan untuk menggantinya.

Pemasangan yang tidak sesuai standar inilah penyebab utama kusen mudah rapuh, baik dari bahan kusen itu sendiri, ataupun tembok di sekitarnya yang mudah retak. Oleh sebab itu, hindari pemasangan pintu kamar mandi secara mandiri jika tidak mengetahui prosedur pemasanganĀ  yang benar.

Setelah mengetahui berbagai masalah yang sering terjadi pada pintu kamar mandi ini seseorang harusnya tidak meremehkan pemasangan dan pemilihan bahan pintu. Area kamar mandi yang rentan air, dan kerusakan harus benar-benar diberi perhatian khusus dengan memilih bahan-bahan yang anti air seperti pintu aluminium. Selain itu, pemasangan yang sesuai prosedur harus tetap dilakukan walaupun terlihat remeh dan mudah dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *