Tips Mudah Memilih Filling Cabinet

Selain kayu ada banyak material lain yang digunakan untuk membuat perlengkapan rumah tangga saat ini. Contoh paling sederhananya adalah furniture berupa lemari pakaian dan storage lainnya, sekarang tidak hanya didominasi oleh kayu  sebagai material utamanya. Bahkan filling cabinet yang penggunaannya sangat populer, mayoritas material yang digunakan adalah plastik.

Cabinet atau storage yang terbuat dari bahan plastik memang sangat efektif menggantikan beberapa hal yang material kayu tidak dapat melakukannya. Dari sisi harga, cabinet berbahan plastik tentu saja lebih terjangkau oleh hampir semua lapisan masyarakat. Sementara dari sisi ketahanan terhadap cuaca dan basah misalnya, material plastik juga lebih resistant daripada kayu.

Namun demikian, cabinet plastik juga memiliki beberapa kelemahan yang juga patut untuk diperhatikan. Kelemahan ini misalnya kurangnya nilai estetika dalam unsur intrinsiknya, serta kadang juga kurang kokoh jika dibandingkan dengan storage yang terbuat dari kayu dan besi. Bahkan pada beberapa produk, faktor kekokohan ini dapat berada pada tingkat yang sangat rendah, sehingga membutuhkan standarisasi tersendiri dalam memilihnya.

Nah, lantas apa sajakah yang dapat dijadikan pedoman atau standarisasi dalam memilih cabinet untuk storage yang ideal? Berikut penjelasan lengkapnya.

Tips Menentukan Standarisasi Filling Cabinet yang Tepat dan Ideal

Tips Mudah Memilih Filling Cabinet

Dalam memilih cabinet, baik yang diperuntukkan untuk storage arsip perkantoran, atau bahkan hanya untuk menyimpan pakaian sebagai pengganti lemari, setidaknya ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut;

1. Ukuran Cabinet

Ada dua hal paling krusial dalam mempertimbangan ukuran cabinet sebelum membelinya, yakni ukuran ruangan penempatan cabinet, dan seberapa banyak objek yang akan dimuat dalam cabinet itu sendiri. Penting juga untuk dipertimbangkan space yang cukup lega untuk menutup dan membuka pintu cabinet saat digunakan nantinya.

2. Konstruksi Cabinet

Nah konstruksi cabinet juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Untuk keperluan rumah tangga atau perkantoran biasa, material kayu dan plastik sebenarnya sudah cukup memadai. Akan tetapi jika kemudian cabinet akan digunakan untuk hal-hal yang lebih penting, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan cabinet dengan konstruksi besi sebagai pilihan.

3. Proteksi Cabinet

Faktor proteksi atau perlindungan unit cabinet juga sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi misalnya cabinet akan digunakan untuk menyimpan benda-benda yang penting seperti dokumen dan lain semacamnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari sisi proteksi misalnya adalah seberapa kuat locking system-nya, apakah tahan api, dan lain semacamnya.

4. Mobilitas Cabinet

Seperti halnya kursi kantor atau kursi kerja, penting juga mempertimbangkan cabinet yang memiliki roda pada kaki-kakinya. Hal ini akan penting ketika kondisi misalnya mengharuskan ada mobilitas secara cepat. Dengan ada roda yang dapat dengan mudah didorong atau ditarik, cabinet tentu saja memiliki keunggulan dari sisi mobilitasnya sendiri.

5. Bentuk Storage Cabinet

Cabinet pada umumnya memiliki dua jenis storage jika dilihat dari form atau bentuknya. Storage vertikal biasanya digunakan untuk menyimpan arsip yang secara jumlah tidak begitu banyak, karena storage vertikal dari sisi penempatan menghabiskan cukup banyak ruangan storage. Sementara bentuk storage lateral atau horizontal memiliki ruangan yang cukup luas. Namun karena bentuknya, storage seperti ini dalam pengoperasian yang cepat bisa dibilang kurang efektif.

Dengan mempertimbangkan berbagai hal mengenai faktor-faktor diperlukannya cabinet, maka memilih filling cabinet menjadi lebih mudah. Faktor lain yang mungkin juga perlu menjadi catatan adalah relevansi biaya yang dikeluarkan dengan fasilitas dan keunggulan cabinet yang kemudian terpilih untuk digunakan.

 

Dapatkan harga filling cabinet terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *