Tips Buat Meja Kantor Sendiri

Terkadang membeli meja kantor dari toko perlengkapan kantor tidak memuaskan. Ada yang terlalu besar, terlalu tinggi, tidak sesuai dengan konsep kantor, dan banyak kekurangan lain. Ada baiknya Anda membuatnya sendiri dengan mengikuti tips yang tepat, agar meja tersebut nantinya benar-benar berfungsi dengan maksimal. Mau tahu seperti apa tipsnya? Berikut informasi lengkapnya.

Tips Buat Meja Kantor Sendiri

Tips untuk Membuat Meja Kantor Sendiri

Sebelum mulai membuat meja untuk kantor Anda, enam tips ini sebaiknya diikuti. Mulai dari menentukan ukuran meja, bahan apa yang akan dipakai,model atau desain meja, potong bahan dan pasang sesuai model, dan lainnya. Hasilnya Anda akan memiliki meja untuk kantor terbaik yang pernah ada.

1. Tentukan Ukuran Meja yang Dibutuhkan

Ukur space yang akan menjadi tempat meja untuk kantor, sehingga saat dibuat nanti keberadaannya benar-benar pas dan tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jangan lupa ukur juga tinggi dan lebarnya, dengan membandingkan dengan kursi yang sudah ada. Jangan lupa pertimbangkan juga kenyamanan penggunaanya di dalam kantor.

2. Pastikan Bahan yang Akan Digunakan

Coba lihat kursi kantor Anda, apakah bahannya? Jika memungkinkan pilihlah bahan pembuatan meja untuk kantor yang sama dengan kursi. Kalaupun tidak, pilih bahan yang mudah diolah seperti kayu. Jika memilih kayu, pastikan kualitas kayunya maksimal untuk pembuatan meja. Hal itu dilakukan agar tidak mudah patah atau rusak apalagi jika nanti beban di atasnya cukup banyak.

Kayu memang merupakan bahan pilihan yang paling utama, karena bisa dikreasikan sesuai yang diinginkan serta harganya juga relatif murah. Selain itu dalam proses pembuatan tak dibutuhkan banyak peralatan, cukup gergaji, palu, dan paku.

3. Pastikan Model Meja yang Akan di Buat

Saat ini banyak model dan desain meja yang dibuat oleh produsen furnitur kantor. Anda bisa meniru desain yang benar-benar cocok untuk meja yang akan dibuat. Yang pasti desain itu mudah untuk dibuat sendiri.

4. Potong dan Pasang Sesuai Model

Pastikan saat membuat meja, potongan semua bahan sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan. Begitu juga dengan pemasangan harus sesuai dengan desain yang dipilih, agar meja untuk kantor yang dihasilkan memuaskan. Bila perlu contek cara potong dan pasang bahan meja yang ada di internet.

5. Cat Sesuai Konsep Ruang Kantor

Kalau meja membutuhkan cat, maka pilihlah yang senada dengan kursi dan konsep ruangan di kantor Anda. Hal itu dilakukan agar keberadaannya tidak terkesan dipaksakan. Tapi untuk meja yang terbuat dari kayu sebenarnya tak masalah jika tak di cat, cukup dihaluskan dengan amplas, diberi plitur kayu, dan pernis untuk warna kayu alami yang sempurna.

6. Sebaiknya Multifungsi

Untuk menghemat pengeluaran, ada baiknya meja kantor yang dibuat multifungsi. Contohnya memiliki lemari penyimpanan khusus, tempat untuk keyboard komputer, dan punya rak khusus di atasnya. Jadi Anda tak perlu lagi beli lemari dan rak untuk menyimpan dokumen. Jangan lupa fasilitasi dengan colokan listrik untuk memudahkan penggunakan alat elektronik.

Contoh multifungsi lainnya adalah pada meja tersebut tersedia spot untuk tempat peralatan tulis menulis, tempat menata kartu nama, tempat kalender meja dan beberapa spot lainnya.

Kalau Anda berhasil menerapkan tips di atas, maka Anda sudah bisa memiliki meja kantor yang benar-benar berfungsi untuk kegiatan kantor. Dan tak perlu lagi membeli perlengkapan lain alias menghemat pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *