Roller Blind Vertikal

Kehadiran tirai penutup jendela pengganti gorden alias blind kini banyak ditemui dengan harga roller blind murah di berbagai situs penjualan online. Produk ini tersedia dengan berbagai macam warna, bahan dan motif yang menarik. Jenis dan model yang juga beragam semakin memanjakan konsumen untuk dapat memilih berbagai varian blind. Tirai rol vertical merupakan tipe yang banyak dicari karena penggunaannya yang cukup praktis dan memberi kesan luas serta canggih pada ruangan. Kini tirai rol justru sudah bisa dioperasikan dengan remote kontrol.

Roller blind vertical yang menjadi salah satu penutup jendela yang banyak diminati masyarakat saat ini nyatanya tidak luput dari permasalahan tentang bagaimana cara merawatnya agar tetap awet dan tahan lama. Kotoran, debu dan noda tetap saja dapat menempel dan membandel pada tirai rol kesayangan anda. Hal ini tentu cukup mengganggu jika tidak diatasi. Nah, berikut akan kita bahas bagaimana solusi ampuh membersihkan tirai rol dengan mudah.

Tips Membersihkan Roller Blind Vertikal

Tips Membersihkan Roller Blind Vertikal

Cara ampuh untuk membersihkan roller blind vertikal sangat tergantung dengan jenis bahan tirai itu sendiri. Jika bahannya dapat menyerap air, anda dapat mencuci tirai anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Namun sebelumnya, anda akan memerlukan air bersih, deterjen ringan, kain lap atau spons, sikat yang tidak terlalu kasar, rak pengeringan, bak mandi, dan teman yang dapat membantu anda membersihkan tirai tersebut.

a. Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah melepaskan blind dari roller dengan perlahan-lahan.

b. Jika kotoran sangat tebal lebih baik anda membersihkannya dahulu dengan kuas atau lap lembab. Hal ini bertujuan agar proses pencucian menjadi lebih ringan.

c. Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan sebagian besar kotoran yang menempel pada blind.

d. Berikutnya anda dapat mengisi bak mandi sekitar setengahnya dengan air hangat. Namun jika tirai melebihi ukuran bak mandi anda bisa menggunakan wadah yang lebih besar atau kolam.

e. Masukkan deterjen  ke dalam air lalu aduk hingga mengeluarkan busa di atas permukaan. Anda dapat menambahkan pemutih juga jika blind anda berwarna putih.

f. Letakkan blind ke dalam bak mandi hingga terendam keseluruhannya.

g. Usapkan kain lembut atau spons secara bolak balik dari pangkal ke ujung. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran atau noda yang masih menempel pada blind anda.

h. Untuk noda membandel dapat digosok menggunakan sikat halus. Jangan gunakan sikat yang terlalu kasar karena dapat merusak bahan blind anda.

i. Setelahnya anda dapat meniriskan air beserta deterjennya dari bak mandi lalu mengisi bak dengan air bersih.

j. Ulangi lagi langkah terakhir untuk memastikan tidak ada lagi sisa deterjen yang tersisa pada blind anda. Jika ada yang bisa membantu anda bisa dengan dibilas di bawah pancuran air sehingga deterjen bisa hilang lebih cepat.

Itulah tadi cara membersihkan tirai rol yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap air. Lalu, bagaimana jika blind yang anda gunakan terbuat dari bahan kedap air? Tenang, ada solusinya. Ikuti tips berikut ini:

Sebelumnya anda membutuhkan pembersih dari kain wool, spons karet, vacum cleaner, dan cairan pembersih kusus.

Mari lihat bagaimana langkah kerjanya!

a. Biarkan tirai rol vertikal anda membentang secara keseluruhan

b. Pasanglah vacum cleaner dengan bulu halus diujungnya, kemudian bersihkan dengan gerakan dari atas ke bawah, bukan dari bawah keatas karena kotoran akan turun kembali ke bawah.

c. Jika proses pembersihan dengan vacum telah selesai anda dapat membersihkannya dengan kemoceng dari bahan wool untuk memastikan kotoran dari vacum tidak menempel.

d. Gunakan spons karet jika didapati noda membandel pada blind.

e. Teknik terakhir yang dapat anda lakukan jika blind anda belum kunjung bersih ialah dengan menyemprotkan cairan pembersih ke kain perca lalu gosokkan secara perlahan pada bagian yang kotor.

Demikian tips dan trik membersihkan roller blind vertical yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *