Partisi Kayu Ukir

Sekat ruangan di dalam sebuah hunian sangat penting untuk membatasi beberapa ruangan agar dapat digunakan untuk masing-masing fungsi yang berbeda. Sekat ruangan atau sering disebut partisi memiliki beragam jenis dari mulai kegunaan hingga bahan yang digunakan. Sekat untuk ruangan dapat ditemukan dengan mudah di toko partisi dinding yang banyak tersedia di berbagai kota di Indonesia khususnya.

Jenis Partisi Dinding

Partisi dinding dalam ulasan ini akan menjelaskan dari jenis fungsionalnya serta jenis bahannya. Secara fungsional, partisi dinding terbagi ke dalam:

  • Partisi atau sekat ruangan masif

Sekat jenis ini biasanya memakai bahan yang solid di mana tidak transparan dan tidak terbuka sedikitpun. Partisi jenis ini sangat cocok diaplikasikan untuk ruangan yang membutuhkan privasi yang tinggi di mana aktivitas di dalam ruangan tidak akan terlihat maupun terdengar. Partisi jenis ini biasanya merupakan partisi permanen yang terbuat dari tembok atau bahan solid lainnya.

  • Partisi atau sekat ruangan semi transparan

Sekat jenis ini dalam pengaplikasiannya umumnya menggunakan bahan solid yang dikombinasikan dengan bahan yang terlihat. Partisi ini umumnya digunakan untuk ruangan yang masih menginginkan privasi namun tidak juga terlalu tertutup.

  • Partisi atau sekat transparan

Partisi jenis ini adalah partisi yang kesemua aktivitas dapat terlihat dengan jelas walaupun ada sekat.

Sedangkan dari jenis bahan, partisi atau sekat ruangan khususnya masa kini telah banyak berkembang dan berkombinasi sehingga banyak jenis bahan yang digunakan. Bahan yang digunakan untuk sekat atau partisi umumnya adalah dari material kayu, kawat, kain, kaca, partisi gypsum, plastik, bingkai jendela bekas, dan masih banyak lagi.

Sekat ruangan atau partisi selain perannya untuk membatasi fungsi ruangan juga digunakan untuk memperkuat kesan estetika dalam ruangan. Dewasa ini ada dua jenis partisi yang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat luas khususnya untuk mempkuat estetika ruangan, yaitu sekat kayu berukir dan gypsum bermotif. Dari kedua jenis tersebut, manakah yang memiliki keunggulan lebih banyak?

Sekat Atau Partisi Kayu Ukir Atau Gypsum Motif?

Sebelum lebih jauh membahas mana yang lebih baik, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai partisi kayu ukir dan gypsum motif:

1. Partisi Kayu Ukir

Partisi Kayu Ukir

Kayu ukir yang dijadikan partisi memungkinkan menggunakan beragam jenis kayu dari mulai bambu hingga kayu jati. Kayu ukir yang dipasang untuk sekat ruangan memiliki banyak ragam desain dari mulai yang disusun horizontal, vertikal, menggunakan roda, dilipat dan masih banyak lagi.

Penggunaan sekat kayu ukir untuk ruangan akan menciptakan suasana natural, alami dan klasik yang sangat kuat sehingga sangat cocok bagi konsep hunian yang mengangkat tema-tema yang berkaitan dengan alam.

Partisi kayu ukir umumnya adalah jenis partisi sementara di mana partisi tersebut dapat dipindahkan suatu waktu jika ada pengalihan fungsi ruangan. Selain itu partisi ini juga merupakan sekat yang masih menampakkan aktivitas di dalam ruangan.

2. Partisi Gypsum Bermotif

Partisi Gypsum Bermotif

Partisi atau sekat ruangan berupa gypsum motif sangat cocok diterapkan bagi hunian yang ingin menampilkan kesan yang modern. Partisi gypsum motif dapat menjadi partisi yang privatif di mana sekat tersebut dapat meredam suara dan menyembunyikan pemandangan visual dalam ruangan.

Sekat  gypsum ukir terbagi ke dalam dua bagian yaitu partisi yang permanen dan semi permanen atau sementara.

Dari kedua jenis partisi baik kayu ukir maupun gypsum motif memiliki masing-masing kelebihan dan keduanya akan sangat bagus dipasang jika sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda menginginkan kesan yang klasik maka gunakanlah partisi kayu ukir, namun sebaliknya gunakanlah gypsum motif sebagai partisi jika kesan yang diinginkan adalah kesan modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *