Alarm Peringatan Banjir

Musim penghujan segera tiba. Pada masa itu, sebagian besar daerah di Indonesia terserang banjir. Banjir memang menjadi salah satu bencana yang kerap terjadi di wilayah Indonesia khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta.  Hal ini disebabkan karena beberapa faktor misalnya saja kurangnya lahan hijau, pembuangan sampah sembarang atau hujan yang terlalu lebat.

Usaha Pemerintah untuk Menanggulangi Banjir

Pemerintah negara republik Indonesia juga sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi dan menanggulangi masalah banjir ini. Berbagai langkah berikut ini diharapkan bisa mengatasi masalah banjir di Indonesia. Berikut ini adalah langkah pemerintah untuk mengatasi banjir, yaitu sebagai berikut ini :

1. Membuat Berbagai Prediksi Melalui Peta Rawan Bencana

Langkah pertama pemerintah dalam mengatasi banjir adalah mencoba untuk membuat sebuah peta daerah-daerah yang sekiranya rawan terhadap bencana banjir. Dengan kata lain, pemerintah mencoba melakukan pemetaan area banjir. Sehingga dengan begitu, pemerintah bisa dengan sigap melakukan beberapa perbaikan di area tersebut untuk mencegah banjir

2. Melakukan Beberapa Perbaikan

Langkah kedua adalah dengan melakukan berbagau perbaikan dan juga pemeliharaan pada aliran sungai, drainase dan fasilitas-fasilitas lainnya. Dengan perbaikan ini diharapkan bisa membuat banjir tidak akan terjadi kembali

3. Melakukan Sosialisasi Penyebab Banjir dan Pencegahannya

Pada dasarnya, banjir terjadi tidak hanya karena faktor lingkungan saja. Namun kurangnya pemahaman masyarakat terhadap penyebab dan cara mengatasi banjir juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Nah, itu tugas pemerintah untuk melakukan sosialisasi ini. Pemerintah harus memberikan pengertian kepada masyarakat mengenai hal tersebut supaya masyarakat bisa sadar dan segera melakukan  hal-hal positif untuk mencegah banjir.

Alarm Peringatan Banjir

Alarm Peringatan Banjir

Selain sosialisasi, pemerintah juga saat ini mulai bekerjasama dengan beberapa pihak kontraktor mekanik  elektrikal untuk menciptakan alarm peringatan banjir. Upaya ini dilakukan supaya banyak orang tau mengenai banjir dan dengan segera melakukan tindakan untuk pencegahan banjir. Lalu apa sih yang dimaksud dengan alarm peringatan banjir? Nah berikut ini penjelasannya.

Alarm peringatan banjir adalah sebuah alat masa kini yang mana dipasang pada sungai yang mana mampu untuk mendeteksi tingkat level air pada sungai. Jika debit air semakin naik, alat ini akan memberikan tanda peringatan bunyi. Sehingga jika ada banjir akan bisa segera terdeteksi.

Baca juga: Pengalaman Seru Makan Bersama Hewan Hingga Vampir di Berbagai Restoran Dengan Konsep Unik Ini

Selain itu, perancangan alat pendeteksi banjir ini juga sudah banyak dimasukan dalam pelajaran dimana siswa diminta untuk melakukan percobaan untuk menciptakan alat pendeteksi banjir secara sederhana. Berikut ini adalah salah satu contoh rancangan pendeteksi banjir secara sederhana.

Bahan : kabel, batu baterai, 4 buah lampu senter, gabus

Cara Membuat :

1. Lubangi alas yang digunakan untuk merangjai alat pendeteksi banjir dengan menggunakan solder. Lubang-lubang ini berguna untuk memasukan air, tempat lampu senter, dan juga sebagai tempat untuk menyalurkan kabel ke wadah

2. Susunlah 3 rangkaian baterai menjadi satu bagian dengan menggunakan lakban. Pasanglah pada bagian pinggir alas

3. Pasanglah lampu senter dan kabel. Setelah itu masukan ke dalam lubang kecil dan rekatkanlah kanel pada ujung baterai

4. Masukkanlah kabel pada bagian lubang kecil di sebelah ujung baterai yang bermuatan

5. Pasang satu per satu lamuy senter ke dalam lubang kecil dan berikan kabel yang nantinya digunkan untuk menyalurkan dari baterai kutub + ke kutub -. Sentuhlah kabel yang sudah dikupas dan lakukan hal yang sama pada bagian lampu senter . Alat ini akan bekerja mendeteksi tingkat level air.

Nah, itu tadi perancangan serta kegunaan alat mekanikal elektrikal untuk mendeteksi banjir. Jika anda ingin menggunakannya, alat pendektesi banjir sudah dijual pada berbagai toko. Anda juga bisa menggunakan alat pendekteksi banjir untuk mendeteksi tingkat level air pada tandon air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *