Sistem Keamanan di Pabrik

Pabrik adalah sebuah tempat industri di mana digunakan sebagai tempat pengolahan barang menggunakan alat – alat tertentu agar menjadi barang jadi. Mengingat di dalam pabrik pasti mempunyai alat – alat yang tergolong cangih sehingga bisa menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan, maka diperlukan sistem keamanan yang mampu melindungi karyawan dari hal yang tidak diinginkan.

Sistem keamanan pabrik tidak hanya mencakup sistem keamanan internal saja, namun perlu diketahui bahwa sistem keamanan pabrik juga harus mencakup keseluruhan termasuk keamanan eksternal.  Hal ini bertujuan agar mekanikal elektrikal pabrik dapat bekerja dengan aman agar mampu berkerja secara profesional.

Hal yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Keamanan Pabrik

Sistem keamanan pabrik dapat dilakukan sesuai dengan lokasi serta ancamam bahaya yang dapat terjadi di setiap lokasi. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar keamanan pabrik dapat terjaga dengan aman dan nyaman anatara lain sebagai berikut :

1. Mengenali Potensi Keamanan

Hal yang harus dilakukan pertama kali untuk menjaga sistem keamanan yang ada di pabrik adalah dengan mengenali potensi keamanan. Di mana dengan melakukan hal ini kamu dapat mengidentifikasi bahaya serta ancaman apa saja yang mungkin akan kamu hadapi untuk mengamankan pabrik.

2. Membangun Social Protection

Sosial protection haruslah dibangun dengan bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Social protection sangatlah berguna bagi industri berskala kecil yang mungkin hanya memiliki sedikit sistem keamanan pabrik. Dengan melakukan social protection maka akan memangkas bahaya yang dapat mengancam pabrik kamu.

3. Menggunakan Jasa Petugas Keamanan (Satpam)

Jasa Petugas Keamanan Pabrik

Cara ini adalah cara yang paling banyak digunakan oleh pemilik pabrik di seluruh daerah. Petugas keamanan atau satpam akan membuat pabrik lebih aman dari ancaman kejahatan yang dapat mengancam keamanan pabrik. Dengan menggunakan satpam, maka pabrik akan lebih aman karena akan diawasi secara teliti oleh satpam dan kemungkinan terjadi ancaman pada pabrik semakin menipis.

4. Membangun Kepercayaan Dengan Seluruh Anggota Pabrik

Cara ini adalah cara yang paling berhasil dalam memangkas ancaman keamanan pabrik yang berasal dari dalam (internal). Dengan membangun kepercayaan dengan seluruh anggota pabrik akan membuat seluruh anggota merasa nyaman dan tidak tertekan, hal ini akan mengakibatkan peluang ancaman menjadi semakin kecil dan pabrik menjadi aman.

5. Melakukan Pengendalian Terhadap Keluar Masuknya Tamu

Cara agar menjaga sistem keamanan pabrik selanjutnya adalah dengan mengendalikan keluar masuknya tamu yang akan berkunjung ke pabrik. Kamu dapat melakukan pendataan identitas dan pemeriksaan KTP agar dapat mengetahui siapa saja yang telah keluar masuk pabrik. Cara ini terbilang efektif untuk memangkas tindakan yang akan merugikan pabrik.

6. Memasang Kamera CCTV

Memasang Kamera CCTV Pabrik

Mengingat satpam merupakan manusia biasa yang mungkin dapat melakukan kesalahan dan tidak mingkin dapat memantau keseluruhan area pabrik, ada baiknya ksmu menyewa jasa kontraktor listrik agar pabrik dipasang kamera CCTV yang berguna untuk membantu satpam dalam melakukan tugas yang dijalankannya. Dengan memasang CCTV maka satpam akan lebih mudah melakukan pengawasan terhadap keseluruhan lokasi pabrik.

7. Membuat Pagar Pembatas yang Tinggi

Cara terakhir agar dapat menjaga sistem keamanan pabrik adalah dengan memberikan pagar yang tinggi pada pabrik. Hal itu dikarenakan pagar yang tinggi pada pabrik akan membuat sulit orang dari luar untuk masuk. Dengan sulitnya orang luar untuk masuk ke pabrik membuat keamanan pabrik menjadi semakin terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *