Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket

Lantai adalah salah satu aspek penting dalam pembangunan sebuah rumah ataupun gedung. Berbeda dengan dulu,  saat ini hampir semua rumah di Indonesia sudah menggunakan lantai. Jenis-jenis lantaipun sekarang sudah beragam macamnya, mulai dari keramik, marmer, kayu, hingga vinyl. Anda tinggal pilih jenis lantai yang sesuai dengan dekorasi rumah dan budget yang disediakan. Jika ingin dekorasi yang terkesan lebih natural dan menenangkan, lantai parket bisa Anda pertimbangkan.

Harga Lantai Parket Sesuai Tipenya

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket

Seperti yang terlihat dari coraknya, material lantai parket sendiri sebenarnya berasal dari kayu. Namun berbeda dengan lantai kayu, lantai parket sudah melalui berbagai proses yang membuatnya lebih awet dan kuat dari serangan rayap. Oleh karena itu, jelas keduanya memiliki perbedaan harga yang cukup mencolok.

Harga lantai parket sendiri dibanderol dengan nominal yang berbeda-beda, tergantung pada tipe dan kualitasnya. Berikut ini tiga tipe parket yang perlu Anda ketahui.

  • Parket Solid

Parket solid merupakan jenis yang dipilih orang karena kekuatan dan kualitasnya. Biasanya jenis parket ini menggunakan kayu jati sehingga lebih awet dan tahan lama. Apalagi parket solid sekarang juga ditawarkan dengan berbagai macam motif dan pola yang menarik. Oleh karena itu, harga lantai parket solid dibanderol dengan cukup mahal perkepingannya.

  • Parket Laminating

Berbeda dengan parket solid, parket laminating bermaterialkan serbuk kayu yang di-press dan diberikan motif sehingga menyerupai parket. Tentu saja harganyapun lebih murah, namun tampilannya lebih glossy dan menarik.

  • Parket Engineer

Jika sudah bicara tentang orisinalitas, baik parket laminating dan parket engineer berada di level yang jauh dibawah parket solid. Walau begitu, lantai parket engineer inipun cukup banyak diminati masyarakat karena harga lantai parket ini dibanderol lebih murah. Materialnya sendiri berasal dari kayu asli. Lapisan tipis bagian atasnya menggunakan jenis kayu yang kuat, namun bagian bawahnya menggunakan kayu berkualitas rendah.

Kelebihan dan Kekurangan dari Lantai Parket

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket

Sebagai salah satu jenis lantai yang populer sejak dulu hingga sekarang, tentu ada kelebihan ataupun keunggulan yang membuat lantai parket banyak dipilih orang. Adapun keunggulan-keunggulan itu, diantaranya;

  • Tampilannya Natural

Lantai parket menjanjikan Anda tampilan yang lebih alami dan natural. Ini disebabkan karena motif dan bahan yang digunakan berasal dari kayu. Membuat penghuni rumah merasa selalu menyatu dengan alam. Selain itu, formasi yang dekoratif juga bisa memberikan kesan yang hangat untuk ruangan Anda.

  • Mudah Dibersihkan

Cara membersihkan lantai parket tidak berbeda dari lantai keramik. Anda hanya perlu rutin menyapu dan sesekali mengepelnya dengan kain setengah basah.

  • Kokoh dan Lebih Awet

Dibandingkan dengan lantai kayu, lantai parket jauh lebih awet dan kokoh. Jika dirawat dengan baik, dalam kehidupan sehari-hari lantai parket mampu bertahan hingga puluhan tahun. Terutama parket solid yang dapat mencapai lebih dari 50 tahun.

Itulah tiga keunggulan dari lantai parket. Adapun kekurangannya yang perlu Anda ketahui juga, diantaranya:

  • Pemasangannya Lebih Rumit

Pemasangan lantai parket membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Sebenarnya memasangnya saja mudah, namun jika lantai semennya tidak rata, parket akan sulit terpasang dengan baik. Kesalahan seperti ini dapat berdampak pada ketahanan parket, jika dibiarkan begitu saja.

  • Berpotensi Rusak atau Tergores

Tentu saja lantai parket lebih mudah tergores dibandingkan lantai keramik. Anda perlu ekstra hati-hati saat menggeser furnitur di rumah Anda. Kalaupun area tertentu sudah tergores dan Anda ingin menggantinya, ini akan menjadi masalah yang rumit. Penggantian lantai parket artinya Anda harus membongkar seluruh lantai parket di ruangan tersebut.

  • Menimbulkan Bunyi Saat Dipijak

Lantai parket cenderung lebih kuat menghasilkan bunyi dibanding lantai keramik saat dipijak. Hal inilah yang terkadang membuat orang-orang berpikir dua kali sebelum memilih jenis lantai ini. Bunyi langkah kaki cenderung membuat orang merasa tidak nyaman dan terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *