Kelebihan dan Kekurangan Bahan GRC

Di dalam dunia arsitektur, bahan GRC sudah sering kali didengar dan juga sering kali dipilih. GRC sendiri atau glass reinforced concrete adalah material yang terbuat dari gabungan material kaca dengan semen, di mana bahan yang satu ini sering kali dikenal dengan beton serat kaca.

Bahan GRC sendiri sering kali digunakan untuk banyak elemen dalam sebuah bangunan, seperti plafon GRC, partisi GRC dan lain sebagainya. Bahan yang satu ini tentu saja memiliki banyak sekali kelebihan, di mana hal tersebut menjadi alasan mengapa bahan ini sering kali dipilih. Namun, bahan GRC sendiri mempunyai kekurangan juga. Nah, di bawah ini kita akan melihat lebih dalam kelebihan dan kekurangan dari bahan ini.

Kelebihan bahan GRC

Kelebihan dan Kekurangan Bahan GRC

Mengenal kelebihan dari GRC sendiri akan sangat membantu Anda untuk mengetahui lebih dalam tentang bahan ini. Berikut ini adalah kelebihan dari bahan GRC:

1. Bisa dipakai interior dan eksterior

Kelebihan pertama dari bahan ini sendiri adalah bisa digunakan untuk interior dan eksterior. Di mana memang bahan yang satu ini mempunyai kekuatan yang sangat baik sehingga bisa ditempatkan di mana saja.

2. Tahan berbagai cuaca

Bahan GRC sendiri juga tahan terhadap berbagai cuaca. Tentu saja akan menjadi salah satu bahan yang perlu untuk Anda pertimbangkan, mengingat cuaca di Indonesia terkadang sangat ekstrim.

3. Tahan air dan api

Bahan yang satu ini sendiri memiliki kemampuan tahan air dan kelembaban tinggi. Sehingga bahan ini sendiri sering digunakan pada kamar mandi, sebagai plafon ataupun pada bangunan semi outdoor. Tidak hanya itu saja, bahan ini sendiri sangatlah tahan terhadap api, sehingga mampu meningkatkan keamanan pada sebuah bangunan.

4. Pemasangan yang cepat

Kelebihan selanjutnya dari bahan GRC ini adalah sangat cepat sekali pada proses pemasangannya. Hal ini sendiri dikarenakan bahan sangat lentur sehingga sangat mudah untuk dibentuk. Sehingga pada saat proses pemasangan tidak akan memakan proses yang lama, termasuk salah satunya pada saat pemasangan partisi GRC.

5.  Harga terjangkau

Bahan GRC sendiri terkenal lebih murah dari jenis bahan lainnya sepertu gypsum ataupun kayu. Dengan kualitas yang sangat tinggi dan ketahanannya terhadap banyak kondisi, membuat bahan ini sangatlah terjangkau harganya.

Kekurangan bahan GRC

Kelebihan dan Kekurangan Bahan GRC

Walaupun bahan ini sendiri mempunyai kelebihan yang banyak, namun tidak dapat dipungkiri bahwa bahan GRC ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu untuk Anda perhatikan. Berikut ini adalah kekurangan dari bahan GRC:

1. Mudah retak saat pemasangan

Kekurangan dari bahan GRC yang pertama adalah sangat mudah sekali retak pada saat pemasangannya. Hal ini sendiri dikarenakan bahan GRC bisa membutuhkan perlakuan khusus karena bahan ini terbilang tipis. Sehingga Anda perlu hati-hati saat melakukan pemasangan bahan ini.

2. Rumit pada saat pemasangan

Walaupun pemasangan bahan GRC bisa dikatakan sangat cepat, akan tetapi pada saat pemasangan sendiri sangatlah rumit. Apalagi untuk plafon dengan bahan GRC ini, di mana baut tidak mudah dipasang.

3. Motif tidak banyak

Bahan GRC memang sangat mudah dibentuk, akan tetapi karena bahan yang terbilang tipis maka motif yang disediakan tidaklah banyak. Apalagi jika ingin menggunakan partisi berbahan GRC, sudah pasti akan sulit untuk mencocokan dengan desain interior.

Itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan bahan GRC yang perlu untuk diketahui. Di mana bagi Anda  yang ingin memasang plafon ataupun partisi GRC harus memperhatikan kedua hal ini,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *