Kayu Ulin

Kayu ulin merupakan salah satu jenis kayu yang paling banyak digunakan sebagai bahan bangunan, struktur kayu yang kokoh dan kuat bagai besi membuat kayu jenis ini memang paling dicari dalam setiap konstruksi bangunan. Kayu yang berasal dari “Negeri Borneo” alias Kalimantan ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu kulit pohonnya berwarna kekuningan dan ke abu-abuan dengan aroma yang khas. Bagi orang Kalimantan kayu ulin menjadi primadona tersendiri karena begitu banyak manfaat yang dapat dihasilkan dari kayu ini.

Bahkan, jika anda pernah bertanya pada tukang kayu atau ahli konstruksi mengenai kayu jenis ini pastinya mereka akan mengakui bahwa kayu ini begitu kokoh sehingga bahkan pada tahap penggergajian kayu ini termasuk lumayan sulit dan berbeda dengan jenis kayu lainnya yang mudah saat di gergaji. Namun, dengan kekokohannya kayu ini sekarang tidak hanya digunakan sebagai penyangga pada bahan bangunan namun juga dapat dipergunakan sebagai bahan lain dan jenis kayu ini pun banyak tersedia di toko parket sehingga sangat mudah untuk menemukannya.

Kehebatan Kayu Ulin Sebagai Bahan Bangunan

Kayu Ulin

Berbicara mengenai kayu ulin khas Kalimantan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang tentulah sangat menyenangkan, salah satu daya tarik yang dapat dibuktikan dengan kayu ini adalah ketahanannya selama bertahun-tahun jika digunakan sebagai bahan bangunan. Fakta lain dari kayu ulin selain kokoh sebagai bahan bangunan ternyata juga sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk pembuat interior di dalam rumah seperti lantai kayu yang saat ini tengah menjadi tren.

Kayu ulin sendiri juga memiliki beberapa jenis diantaranya kayu ulin lilin, kayu ulin tando, kayu ulin tembaga, dan kayu ulin kapur. Selain itu beberapa karakteristik yang membedakan kayu ulin dengan jenis-jenis kayu lainnya seperti dibawah ini:

  1. Tekstur kayu yang keras bagai besi, karenanya mendapat julukan “kayu besi”.
  2. Aroma dari batang kayu memiliki ciri khas seperti aromatis.
  3. Kulit pohon cenderung licin dan memiliki ciri warna tersendiri.
  4. Kayu yang telah digergaji atau dipotong dapat berubah warna menjadi hitam jika tidak segera direndam air.

Selain daripada karakteristik kayu ulin di atas anda juga perlu mengetahui beberapa kehebatan kayu ulin yang banyak digunakan sebagai bahan bangunan dan interior ruangan seperti lantai parket, kehebatan kayu ini diantaranya:

1. Tahan terhadap serangan rayap

Sebelum anda memilih jenis kayu untuk bahan bangunan anda pasti hal ini adalah salah satunya yang akan menjadi bahan pertimbangan untuk anda. Kayu yang tahan rayap tentunya akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena kayu tidak akan mudah keropos karena gigitan dari rayap.

2. Ketahanan terhadap beban yang baik

Dengan tekstur yang kokoh dan kuat maka kayu ini selalu diandalkan untuk setiap pembangunan rumah. Dengan tekstur yang kuat juga menjadikan kayu ini memiliki beragam inovasi seperti pembuatan lantai jenis parket.

Baca juga: Harga Cat Paling Laku di Pasaran

3. Tahan terhadap perubahan cuaca

Kayu yang anda miliki pada bangunan mudah sekali keropos karena perubahan cuaca? Maka dengan menggunakan kayu ulin ini maka kekhawatiran anda akan lenyap seketika. Bahkan beberapa pengguna sudah membuktikan kehebatan dari kayu ini, dengan paparan cuaca yang terus menerus tidak akan merubah warna dan kekuatan dari kayu ulin ini.

Tertarik untuk segera menggunakan kayu ulin pada bangunan dan interior ruangan milik anda? Jika tertarik maka segera kunjungi toko kayu dan toko parket untuk mendapatkan kayu ulin dan beragam jenis hasil karya dari kayu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *