Jenis-jenis Pipa PVC

Pernahkah Anda mendengar tentang pipa Polyvinyl Chloride (PVC)? Jika Anda pernah mendengarnya, kemungkinan di rumah Anda saat ini menggunakan jenis pipa yang satu ini. Pipa PVC merupakan jenis pipa yang sangat umum digunakan di masyarakat. Seperti kebanyakan pipa lainnya, pipa ini berfungsi untuk menyalurkan air dari satu tempat ke tempat lainnya.

Mengenal Pipa PVC dan Jenis-jenisnya

Jenis-jenis Pipa PVC

Pipa PVC merupakan jenis pipa yang sudah mulai digunakan di Indonesia sejak pertengahan abad ke-20. Pipa ini menggunakan bahan polimer termoplastik yang sudah cukup banyak digunakan di dunia. Harga pipa PVC yang cukup terjangkau membuatnya diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Pipa jenis PVC ini tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Pipa ini dapat diaplikasikan pada bermacam-macam saluran, mulai dari saluran air bersih, air kotor, hingga saluran buangan. Adapun 3 jenis pipa PVC, diantaranya yaitu:

1. Pipa Tipe C

Pipa tipe C memiliki ukuran diameter yang lebih kecil dibanding tipe pipa lainnya. Ukurannya sendiri berkisar antara 5 – 8 inch dan dindingnya lebih tipis. Biasanya digunakan untuk saluran air yang memiliki tekanan kecil. Dalam kehidupan sehari-hari, pipa tipe C juga banyak digunakan sebagai pelindung kabel agar terhindar dari risiko rusak karena terinjak.

2. Pipa Tipe D

Pipa tipe D memiliki ukuran diameter yang lebih besar dibanding pipa tipe C. Ukurannya berkisar antara 1 – 12 inch. Dindingnya cukup tebal sehingga mampu dijadikan saluran pembuangan menuju septic tank. Selain itu, pipa tipe D ini juga biasanya digunakan sebagai saluran air bersih yang ditanam di dalam dinding.

3. Pipa Tipe AW

Pipa tipe AW adalah jenis pipa PVC yang memiliki diameter paling besar. Dindingnya sangat kuat dan mampu menyalurkan air dengan tekanan tinggi dan jumlah yang besar. Lebih sering digunakan untuk menyalurkan air yang berasal dari pompa air agar dapat terdistribusikan dengan baik.

Keunggulan Pipa PVC

Harga pipa PVC di temtera.com dibanderol dengan cukup murah, oleh karena itu jenis pipa yang satu ini banyak laku di pasaran. Namun sebenarnya tidak hanya itu saja keunggulannya. Berikut ini 5 keunggulan lain dari pipa PVC yang perlu Anda ketahui.

1. Tahan Terhadap Zat-zat Kimia

Pipa jenis PVC tidak mudah berkarat dan terkena korosi. Oleh karena itu, pipa PVC lebih bisa diandalkan dibanding pipa besi.

2. Tidak Mudah Pecah

Dari segi kekuatan, pipa besi memang lebih unggul dan kuat. Namun bukan berarti ketahanan pipa PVC dapat diragukan. Bahan dasarnya yang berasal dari Polyvinyl Chloride membuat pipa PVC kuat dan ringan dalam waktu bersamaan. Selain itu, pipa ini juga dapat digunakan dan bertahan dalam jangka waktu yang lama, selama tidak terkena cahaya matahari langsung.

3. Punya Beragam Fungsi

Pipa PVC tidak hanya dapat digunakan sebagai saluran air, Anda juga bisa menggunakannya sebagai jalur ventilasi udara dan pelindung kabel.

4. Mudah Dipasang

Jika dibandingkan dengan jenis pipa besi, pipa PVC jauh lebih mudah pemasangannya. Pipa jenis ini hanya perlu disambungkan menggunakan lem. Karena materialnya yang ringan, pipa ini juga mudah ketika dipotong. Berbeda dengan pipa besi yang membutuhkan alat khusus untuk memotongnya.

5. Ramah Lingkungan

Pipa PVC terbuat dari material yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang jika sudah tidak digunakan. Dengan menggunakan jenis pipa yang satu ini, Anda telah berkontribusi dalam mengurangi pencemaran lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *