Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam hal pemilihan kamar. Banyak yang mencoba berbagai jenis kamar unik dan menarik demi menyenangkan hati anak dan melatih kemandirian nya agar bersemangat untuk tidur sendiri tanpa di temani. Namun, beberapa orang tua terlalu sibuk memilih kamar yang unik dengan pilihan wallpaper anak yang lucu, sehingga mengabaikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih kamar anak.

Menentukan Karakter Tempat Tidur Unik yang Disukai Anak

Sebelum mencari inspirasi tempat tidur yang unik, orang tua wajib mengetahui karakter yang disukai anak agar nantinya anak merasa nyaman di dalam kamar yang bertema karakter kesukaannya. Jika anak laki-laki, maka bentuk mobil bisa menjadi pilihan kamar tidur yang unik, namun pastikan karakter mobil apa yang disukai anak, seperti tayo, atau mobil balap.

Sementara itu jika anak perempuan, bentuk kamar tidur yang menyerupai rumah akan menjadi pilihan yang unik, namun orang tua juga harus menyesuaikan rumah yang disukai anak. Apakah rumah princess, rumah pasir, atau rumah pohon dengan destinasi warna pink.

Didik Kedisiplinan Anak dengan Fasilitas Pendukung yang Unik

Setelah bentuk tempat tidur ditetapkan, selanjutnya orang tua juga harus memberikan sisi edukasi pada kamar unik yang dibuat. Caranya dengan memberikan fasilitas pendukung yang unik, seperti menyediakan tempat yang berbentuk mobil, atau boneka di area pintu masuk. Lengkapi dengan pemilihan wallpaper anak-anak dengan gambar tokoh yang menjaga kebersihan.

Selain itu, orang tua juga wajib menyediakan lemari khusus untuk meletakkan mainan, agar anak terbiasa merapikan mainannya. Pastikan warna dan gambar karakter dari lemari yang digunakan mendukung tema utama dari tempat tidur anak.

Letakkan Area Bermain yang Terhubung dengan Tempat Tidur

Agar kamar lebih menyenangkan bagi anak, sisipkan area bermain yang terhubung langsung dengan tempat tidur anak. Misalnya memberikan perosotan, atau tangga seperti rumah pohon yang bisa dijadikan alternatif untuk turun dari kamar. Dengan demikian anak akan bersemangat untuk bangun tidur sendiri dan melakukan aktivitasnya di pagi hari.

Sediakan Ruang Kreasi Pada Dinding

Usia anak-anak sangat suka berkreasi tanpa memperhatikan dampak buruk dari eksplorasi yang dilakukan, salah satunya adalah mencoret-coret dinding. Agar kamar anak terasa lebih nyaman, unik dan menjadi media edukasi, bubuhkan ruang kreasi pada dinding. Siapkan ruangan sendiri pada dinding yang khusus digunakan anak untuk berkreasi. Orang tua juga bisa memilih wallpaper anak-anak yang tahan air dan bisa dicuci untuk melapisi ruang kreasi anak agar lebih praktis dan mudah dibersihkan.

Gunakan Perpaduan Warna Cerah yang Full Color

Pemilihan warna sangat mempengaruhi psikologi anak, maka dalam memilih kamar unik, pastikan untuk memilih warna-warna yang cerah, baik pada motif kasur, selimut, ataupun wallpaper anak yang menghiasi dindingnya. Warna yang cerah akan memberikan efek lebih ceria pada anak, selain itu beragam warna yang diletakkan pada kamar anak akan membuat kamar terlihat unik, serta menjadi media pembelajaran anak terhadap macam-macam warna.

Pastikan Sisi Keamanan Tetap Terjaga

Dalam memilih kamar yang unik, pastikan untuk tetap memperhatikan sisi keamanannya, misalnya jika ingin memberikan perosotan pada tempat tidur maka ukurannya harus disesuaikan dengan tinggi anak. Hal ini untuk mengantisipasi bahaya yang ditimbulkan bila anak terjatuh, atau teledor ketika turun melalui perosotan.

Beberapa hal di atas wajib diperhatikan sebelum memilih kamar yang unik dan menyenangkan bagi anak. Jika salah satunya diabaikan, maka dikhawatirkan kamar tersebut hanya memiliki nilai estetika dan hiburan saja, tanpa ada nilai edukasi dan tingkat keamanan yang bisa menjaga keselamatan anak. Untuk melengkapi kamar unik anak, pastikan untuk memilih wallpaper anak yang tahan lama dan mudah dibersihkan agar anak  bebas berkreasi dengan dinding di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *