Membersihkan Papan Tulis Kaca

Kalau ada khawatir membeli papan tulis kaca yang banyak dijual di toko kaca karena mengira perawatannya ribet, sebenarnya tidak. Papan tulis kaca bisa terlihat rapuh dan mudah retak, namun sebenarnya bahannya sangat kuat dan kokoh. Membersihkannya pun tidak perlu khawatir anda akan menggosoknya terlalu keras dan membuat lapisan kaca retak atau pecah. Lapisan glassboard memiliki ketebalan yang memadai dan handal sebagai pengganti whiteboard atau blackboard di sekolah maupun perkantoran.

Cara membersihkan Papan Tulis Kaca

Anda tidak perlu khawatir ada bekas spidol bila menggunakan papan tulis kaca. Kelebihan papan tulis ini adalah tidak meninggalkan sisa spidol karena perlukaannya yang kaca. Bahkan hanya dengan penghapus biasa dapat membersihkan tulisan yang ada dengan segera tanpa harus digosok keras. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk pembersihan papan tulis kaca yang tanpa pakai usaha yang sangat besar.

1. Gunakan Air Hangat.

Yup. Bahkan hanya dengan lap yang dicelupkan air hanget dapat membersihkan papan tulis kaca anda. Lalu, jangan lupa untuk mengelapnya dengan kain lap kering agar tidak basah atau lembab. Hal ini bahkan tidak perlu dilakukan terlalu sering. Hanya sesekali saja. Bahkan papan tulis kaca bisa terlihat bersih tanpa perawatan samppai sekitar 6 bulanan

2. Hindari Air.

Pemeliharaan papan tulis kaca sebenarnya lebih bersifat pencegahan. Bila anda melihat ada percikan air diatas permukaan kacanya, segeralah lap sampai kering. Bahan kaca dapat berjamur bila ada air yang dibiarkan mengering dipermukaannya. Sehingga, selalu pastikan permukaan sampai bagian sudutnya bebas dari air atau rembasan hujan. Periksa juga dinding dibelakangnya, bila terlalu lembab lebih baik papan tulisnya dipindah agar tidak jari sarang penyakit atau jamur.

3. Gunakan larutan peroksida.

Bila tidak sengaja menggunakan spidol permanen maka jenis noda membandel tersebut bisa dihilangkan dengan pakai larutan peroksida. Langsung saja arahkan larutan pada noda. kemudian, angkat bekas noda dengan kain lap atau handuk kertas. Bila masih kurang bersih masih dapat dogosok agar hilang sepenuhnya dengan lap bersih.

4. Hindari Menempel.

Kecuali memang papan tulis kaca yang anda miliki adalah papan tulis magnet, hindari menempel apapun pada papan tulis. Glassboard magnet pun hanya bisa menggunakan magnet sebagai media untuk menempelnya. Penggunaan selotip atau lem dapat meninggalkan bekas yang tidak gampang untuk dihilangkan. Bila terjadi, gunakan cairan pembersih kaca dan menggosoknya dengan perlahan dan hati-hati. Biarkan mengering dan ulangi prosesnya bila masih terlihat bekas tempelannya.

5. Kemoceng.

Membersihkan glassboard lebih menantang dalam mengelap debu dari pada bekas tulisan spidol. Terutama bila ruangan anda tidak menggunakan AC dan lebih banyak ada debu dalam ruangan.Gunakan kemoceng untuk membersihkan secara kering tana menggunakan air. Cara tersebut cukup efektif untuk mengusir debu yang menumpuk pada permukaan papan tulis kaca. Hanya pastikan saja kearah mana kemoceng tersebut dikibaskan. Sebaiknya kearah bawah agar bisa sekalian disapu dengan debu lainnya.

Ada berbagai macam jenis papan tulis kaca dipasaran. Jenis papan tulis ini hadir dengan pilihan warna latar yang beragam serta ukuran bervariasi. Selain itu ketebalannya menjadi pilihan popular sebagai media tulis untuk perkantoran maupun sekolah. Semakin tebal dan besar papan tulis, maka semakin mahal. Harga kaca tempered 12mm tentu berbeda dengan ukuran yang lebih tipis. Semakin tebal permukaannnya maka semakin yakin anda dalam membersihkannya dan tidak takut ada yang retak sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *