Desain Ruang Tamu yang Nyaman

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk mewujudkan hunian impian. Hunian yang dirancang dengan konsep yang telah ditentukan sesuai keinginan yang mengutamakan unsur estetika dan kenyamanan. Pemilihan desain interior menjadi salah satu aspek penting dalam membuat konsep yang matang dan menimbulkan kesan nyaman. Penggunaan wallpaper dinding murah adalah salah satu alternatif agar konsep yang ingin diciptakan dapat terealisasi dengan pas.

Penggunaan wallpaper memang lebih praktis dibandingkan dengan proses pengecatan yang memakan lebih banyak waktu. Beberapa ruangan yang dikonsepkan, umumnya lebih ke ruangan yang bersifat pribadi. Sementara, ruangan yang biasa digunakan oleh banyak orang seperti rung makan, ruang tamu, dan kamar mandi mengusung konsep yang umum.

Banyak ruang tamu yang didesain biasa saja bahkan terkesan membosankan walaupun memiliki wallpaper yang eye-catching. Saat ini desain ruang tamu minimalis sedang banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki lahan terbatas. Jika jaman dahulu desain ruang tamu bersifat sangat formal dan terpisah dari ruang keluarga, maka saat ini kebalikannya. Sebab, desain lawas membuat ruang tamu jarang digunakan karena banyak orang yang jarang menerima tamu kecuali pada hari besar ataupun terdapat acara penting.

Karena ruang tamu adalah ruangan yang sangat penting apalagi jika menerima tamu, maka kamu harus memerhatikan banyak hal dalam mendekorasinya. Perabot, wallpaper dinding, dan pernak-pernik lain harus sesuai dengan konsep yang ingin dibangun. Jika ingin mendesain ruang tamu minimalis, prinsip yang harus ditanamkan adalah meminimalisir perabot yang tidak bernilai guna. Desain minimalis umumnya identik dengan warna yang terang tanpa pernak-pernik berlebihan. Nah, berikut beberapa tips agar desain ruang tamu milikimu dapat membuat tamu merasa nyaman.

Tips Desain Ruang Tamu Nyaman

Tips Desain Ruang Tamu Nyaman

1. Jendela berukuran besar

Ruang tamu dengan pencahayaan yang memadai akan membuat ruangan terang. Posisi terbaik adalah di sisi timur-selatan sebab ia akan menjalankan fungsinya menjadikan kualitas udatra dan cahaya yang terbaik. Tidak terlalu panas dan terlalu terang. tetapi hangat.

2. Pasang Ceiling Fan

Umumnya orang-orang menggunakan Ac untuk penyejuk ruang tamu. Namun, alangkah baiknya jika mengganti AC dengan ceiling fan sebab penggunaan AC yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan dan dapat membuat kulit cepat kering.

3. Pemilihan cat yang tepat

Untuk menampilkan kesan yang hangat kamu bisa memilih warna-warna pastel. Jika ingin lebih aman, pilih warna putih yang memberikan kesan luas. Kamu juga bisa mengakali penggunaan cat ini dengan menggunakan wallpaper dinding.

4. Material furniture

Pemilihan bahan furniture juga sangat memengarhi suasana ruang tamu. Jika mengunakan furniture yang terbuat dari kayu, maka suasana hangat dan nyaman akan semakin kuat.

5. Hindari banyak sekat

Jika ruangan memiliki banyak sekat, maka akan terkesan lebih sempit dari ukuran seharusnya.

6. Nuansa hijau di sekeliling

Untuk memberikan efek sejuk nan asri, maka memberikan efek hijau di sekitar ruang tamu atau di area pandangan luar akan membantu suasana ruang tamu terasa semakin nyaman.

7. Penataan yang rapi

Hal yang tidak kalah penting adalah penataan furniture maupun barang-barang lain. Jika tidak tertata dengan baik maka desain ruang tamu yang sudah dikonsepkan akan percuma, Pastikan benda-benda berada tepat di tempat seharusnya tidak berceceran atau berserakan.

Nah, jika hal-hal tersebut kamu lakukan dijamin tamu yang datang akan merasa betah karena suasananya yang menarik dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *