Cara Menggunakan Bidet Toilet

Salah satu alat yang mungkin jarang diketahui dan dimiliki di Indonesia adalah perangkat pembersih disebut sebagai bidet. Bila Anda pernah berkunjung ke Eropa atau Timur Tengah, banyak sekali toilet yang dilengkapi dengan instalasi alat ini. Fungsinya sama seperti kertas atau tisu toilet, yaitu membersihkan daerah genital dan anal setelah selesai buang air. Hanya saja, perangkat ini menggunakan aliran air.

Di Indonesia, membersihkan kedua bagian tubuh tersebut biasanya dengan jet shower atau gayung. Nah, bila Anda memasang perangkat plumbing fixture yang satu ini, pembersihan dua daerah dalam tubuh tersebut dapat dialihfungsikan lebih efektif, mudah, dan bersih karena sisa-sisa kotoran tidak mengenai lantai kamar mandi.

Keuntungan yang dirasakan pengguna adalah meminimalisasi bahaya pemakaian gayung dan shower bagi orang-orang yang menyandang cacat, manula, atau sedang terkena penyakit. Selain itu, bagi penderita wasir, sentuhan terhadap daerah anal yang menimbulkan rasa sakit dapat berkurang karena alat ini tidak memerlukan aktivitas tangan. Pemakaian alat ini juga direkomendasikan bagi para wanita yang sedang dalam masa menstruasi sebab dapat mencegah terjadinya gejala vaginitis, mengatasi bau, dan meringankan rasa sakit.

Bila sedang berada di tempat yang memiliki instalasi perangkat tersebut, mungkin Anda akan merasa kikuk dan bingung bagaimana cara menggunakan alat ini. Tidak perlu khawatir karena kelangkaan fitur pembersih ini di daerah Anda, kami akan membagikan terlebih dahulu cara penggunaannya supaya tidak parno ketika harus menggunakannya.

Berikut ini, kami paparkan sederet langkah-langkah menggunakan bidet. Cukup sederhana dan dapat dipahami.

Cara Menggunakan Bidet Toilet

Cara Menggunakan Bidet Toilet

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa alat ini digunakan untuk membersihkan daerah anal dan genital setelah menggunakan toilet, baik untuk membuang air besar maupun kecil. Meskipun bentuknya mirip wastafel, perangkat ini tidak difungsikan sebagai tempat mencuci tangan, ya.

1. Pastikan posisi duduk Anda sesuai

Bidet toilet saat ini didesain beraneka ragam, baik posisi keran di depan maupun di belakang. Amatilah terlebih dahulu desain perangkat tersebut supaya Anda dapat menentukan posisi duduk yang nyaman dan efektif dalam pembersihan dan pembilasan.

2. Tentukan suhu dan banyak air yang ingin digunakan

Penentuan suhu dilakukan apabila bidet toilet menyediakan air panas dan air dingin. Sebaiknya, untuk mendapatkan suhu air yang diinginkan, nyalakan terlebih dahulu fitur air panas. Nanti, apabila sudah cukup panas, Anda bisa mengatur suhu lagi dengan menyalakan air dingin secukupnya. Namun, semua tergantung kepada daerah tempat Anda berada. Di Timur Tengah dengan iklim yang sangat panas, penggunaan air dingin sangat disarankan. Lain halnya dengan daerah dingin seperti Eropa.

Sebagai catatan tambahan. berhati-hatilah terhadap air panas karena suhu air yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk kesehatan daerah dubur Anda.

3. Aturlah kekuatan pancaran air

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa ketika keran atau tombol pengatur perangkat dinyalakan, Anda mungkin akan dikejutkan dengan pancaran yang begitu kuat. Untuk mengurangi hal tersebut, gunakan tangan Anda untuk menyumbat dan menahan pancaran air sebentar. Kemudian, tarik tuas pemancar air yang biasanya terletak di belakang keran.

4. Mulalah membersihkan daerah genital atau anal

Biarkanlah pancaran air dari keran mengenai bagian tubuh yang ingin dibersihkan. Memang, penggunaan tangan dapat diminimalisasi, namun Anda perlu mempertimbangkan intervensi ekstremitas atas untuk membantu membersihkan sela-sela dubur atau kemaluan. Hal ini untuk memastikan bahwa air sudah membilas seluruh bagian secara keseluruhan.

5. Keringkan bagian tubuh yang basah

Gunakanlah tisu dan kertas toilet untuk membersihkan bagian yang sudah dibilas. Bila perlu, gunakan handuk khusus. Beberapa jenis dari basin lainnya memiliki fitur Dry atau khusus mengeringkan. Anda dapat menemukannya di samping tombol Wash atau bilas.

Demikian penjelasan mengenai langkah-langkah penggunaan bidet. Pastikan selalu menjaga kebersihan perangkat setelah menggunakannya. Dapatkan bidet dengan harga terbaik hanya di temtera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *