Sudah seharusnya sebuah rumah mampu menghadirkan rasa aman dan nyaman. Salah satunya dari cuaca panas di musim kemarau. Memang cara yang paling praktis membuat rumah menjadi sejuk adalah dengan memasang AC atau kipas angin di sejumlah tempat. Khususnya kamar tidur. Namun bayangkan kalau semua AC atau kipas angin harus menyala dalam waktu bersamaan. Pastilah tagihan listrik kamu akan membengkak. Dibandingkan dengan menggunakan peralatan elektronik dengan kebutuhan asupan daya listrik yang besar, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana seperti membuka jendela di pagi dan sore hari serta membuka pintu kaca lipat rumahmu. Dengan demikian sirkulasi udara tetap lancar dan terjaga.

Hindari Tagihan Listrik Jebol, Ini Cara Menyejukkan Rumah Tanpa AC!

Selain menjalankan kampanye literasi energi, menghadirkan suasana rumah yang menyejukkan tanpa AC bisa menambahkan keasrian di sekitar lingkungan rumahmu dengan cara yang lebih eco friendly. Apa saja caranya? Simak rangkuman yang kami buat berikut ini!

Meninggikan Plafon Rumah

Plafon Rumah

Plafon adalah bagian opsional dari suatu rumah, sebab nyatanya masih banyak rumah-rumah yang sengaja tidak dipasang plafon. Namun akan lebih baik jika rumah dilengkapi dengan plafon. Sebab plafon bisa menjalankan fungsi sebagai penghisap panas matahari dari atap rumah. Pemasangan plafon dengan tinggi yang cukup mampu membuat udara bersirkulasi dengan lebih lancar. Dengan demikian udara panas segera bergerak dan mencari jalan keluar berupa jendela, ventilasi atau pintu lipat kaca yang terbuka. Sehingga kamu tidak perlu ribut kepanasan sementara kamu berada di dalam rumah.

Penggunaan Tirai Bambu

Penggunaan Tirai Bambu

Memiliki rumah dengan jendela yang cukup dan tambahan pintu lipat kaca memang menjadi keuntungan tersendiri. Namun di saat cuaca panas melanda hal ini bisa menjadi petaka. Selain udara panas yang lebih leluasa masuk, sinar matahari pun turut terpantul ke sejumlah area sehingga mampu membuat matamu menyipit. Untuk itu kamu bisa mengatasinya dengan penggunaan tirai. Kamu bisa gunakan tirai yang berbahan bambu sebab bambu mampu memberikan kesan hangat. Tirai bambu tidak sepenuhnya memblokir udara, sehingga sirkulasi tetap terjadi melalui celah-celahnya.

Penerangan Yang Tepat

Penerangan Interior Rumah

Penggunaan pintu kaca lipat serta jendela sangat membantu dalam hal penerangan alami. Melalui pintu kaca dan jendela, sinar matahari bisa masuk dan menerangi sejumlah area yang mampu dijangkau. Namun tetap saja sebuah rumah harus melengkapi dengan penerangan lain yang bersumber dari lampu. Pemilihan jenis lampu sangat penting kamu lakukan sebab akan mempengaruhi suasana di sekitar ruangan. Misalnya penggunaan lampu bohlam sangat dihindari. Sebab meski pun memiliki intensitas cahaya yang lebih redup, energi yang dihasilkan lampu bohlam bisa membuat ruangan terasa lebih panas. Nantinya kamu akan kesulitan untuk menciptakan suasana rumah yang sejuk.

Lengkapi Rumah Dengan Tanaman Dan Kolam Ikan

Rumah Dengan Tanaman Dan Kolam Ikan

Cara alami untuk membuat rumah kamu menjadi lebih sejuk adalah dengan menghadirkan sejumlah tanaman hijau. Tidak hanya di teras atau halaman belakang, kamu juga bisa tempatkan tanaman hijau di dalam rumah. Akan lebih baik jika kamu tempatkan di dekat pintu kaca lipat sehingga tanaman tetap mendapat sinar matahari yang cukup dan mereduksi karbondioksida di sekitarnya. Jika memungkinkan kamu juga bisa melengkapi dengan kolam ikan kecil. Kehadiran gemericik air mampu membuat suasana di sekitar menjadi lebih dingin dan sejuk.

Itulah beberapa cara untuk membuat rumah kamu menjadi sejuk tanpa menggunakan AC. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *