Kaca Tempered yang Sudah Tidak Terpakai Diolah Lagi

Bisakah kaca tempered yang sudah tidak terpakai diolah lagi?

Kaca tempered adalah sebuah kaca pengaman yang diproses melalui termal atau kimia untuk menambah kekuatan kacanya dibandingkan kaca biasa. Simple nya cara pembuatan kaca tempered adalah dengan memanaskan kaca biasa hingga 700 celcius lalu dikeraskan. Contoh kaca tempered adalah pintu kaca kantor, dan lain-lain. Sesuai tujuannnya, kaca ini digunakan untuk melindungi atau digunakan sebagai kaca yang bisa dimanfaatkan lebih dari sekadar kaca biasa, biasanya kaca tempered digunakan sebagai sarana lain seperti jembatan kaca, kaca wahana, dan lain-lain,

Biasanya yang jual pintu kaca akan merekomendasikan kaca tempered untuk digunakan sebagai kaca yang akan digunakan pada desain rumah-rumah mewah bertema kaca, seperti rumah artis komedian, Sule, memakai kaca tempered sebagai bahan utamanya.

Kaca Tempered yang Tidak Terpakai Lagi Bisa Diolah Kembali?

Kaca tempered sebenarnya sulit untuk rusak, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa kekuatan kaca tempered mungkin bisa saja sudah mengalami penurunan kualitas dan bisa berisiko rusak, lalu bagaimana dan apa yang harus dilakukan apabila kaca tempered rusak? apakah hanya menjadi barang rongsokan atau ternyata bisa diolah kembali?

Kaca tempered sudah dijelaskan diawal bahwa pembuatannya adalah dengan cara kimia atau termal, maka kemungkinan bekas kaca tempered yang sudah rusak bisa diolah kembali secara termal menjadi kaca tempered baru dan memiliki daya jual yang sama dengan kaca tempered baru. Atau bisa juga diolah kembali menjadi pernak pernik kaca untuk dijual menjadi souvernir berbahan dasar kaca, pokoknya bekas kaca yang diolah kembali secara termal dan memiliki potensi daya jual dengan cara dibentuk menjadi barang yang sedemikian rupa, saya kira bisa menjadi alternatif pengelolaan bekas limbah kaca tempered ini.

Bekas kaca tempered yang berasal dari pintu kaca kantor  juga bisa dijadikan alternatif sebagai souvenir khas kantor yang bersangkutan atau mungkin bisa menjadi produk baru setelah pengelolaan secara termal dan dibuat dengan bentuk baru sebagai barang bernilai daya jual yang menjanjikan. Kantor memiliki alternatif apabila memiliki bekas kaca tempered yang rusak karena usia kaca tersebut atau mungkin karena faktor lain, yakni dijadikan barang baru.

Bekas kaca tempered juga bisa dijadikan sebuah karya seni, kaca bisa menjadi media untuk dilukis atau ditempelkan hiasan-hiasan, sehingga memiliki nilai estetika yang baik, lalu kumpulan-kumpulan karya seni tersebut dimasukan dalam pameran karya seni, atau dipajang di museum, dipajang di pintu masuk mall, seperti yang dilakukan mall-mall di Jakarta.

Apa Tujuan Mengelola Kembali Bekas Kaca Tempered?

Kaca bekas atau barang-barang bekas lainnya biasanya hanya akan menumpuk ketika barang tersebut sudah tidak memiliki fungsi atau fingsinya sudah menurun, penumpukan barang bekas ini biasanya akan menjadi masalah baru yakni merusak pemandangan, pemakaian lahan yang sia-sia alias butuh lahan banyak untuk penumpukan barang bekas ini, belum lagi dalam tumpukan barang-barang bekas itu biasanya akan berkerumun juga sarang-sarang serangga dan penyakit yang bisa berisiko untuk lingkungan sekitarnya. Maka dari itu contohnya pintu kaca kantor bekas sebaiknya jangan langsung dibuang, ada baiknya kita sumbangkan kepada para seniman contohnya, di tangan mereka barang bekas bisa menjadi sesuatu yang artistik, indah dipandang mata bahkan memiliki nilai jual, bisa juga kita lelang ke pengepul rongsokan untuk didaur ulang menjadi barang yang sama atau barang ekonomis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *