Lantai Epoxy

Kelembapan ruangan membuat para pemilik rumah harus memilih jenis lantai yang tepat. Lantai rumah bersentuhan langsung dengan tanah yang artinya kelembapan akan lebih sering muncul. Jika tidak memilih jenis lantai yang tepat, kelembapan akan membuat lantai mudah rusak. Tidak semua material untuk lantai tahan terhadap kelembapan contohnya saja lantai keramik.

Material keramik untuk lantaiĀ akan cepat licin, apalagi jika Anda membersihkannya dengan pel setiap hari. Tentu lantai yang licin sangat berbahaya untuk digunakan. Namun karena lantai keramik murah, banyak hunian yang akhirnya memanfaatkan material ini. Sebenarnya ada satu solusi lain yaitu menggunakan epoxy floor.

Lantai tidak perlu dipasang keramik, tetapi cukup dilapisi dengan epoxy saja. Justru langkah ini akan lebih murah, karena Anda tidak perlu membeli keramik setiap meternya. Cukup memberikan lapisan cat epoxy yang tahan kelembapan. Selain itu, epoxy juga tidak akan mudah licin karena mengandung bahan anti jamur.

Jadi sesering apapun Anda mengepel lantai untuk membersihkannya, lantai tidak akan mudah licin. Harga epoxy juga sangat murah, dan cukup menyewa jasa profesional untuk mengaplikasikannya Anda sudah mendapatkan lantai yang terlindungi. Jadi mana saja ruangan yang membutuhkan lantai epoxy?

Jenis-Jenis Ruangan yang Perlu Lantai Epoxy

Tidak semua ruangan harus menggunakan cat epoxy. Anda bisa memilih beberapa jenis ruangan yang memang benar-benar membutuhkan perlindungan dari kelembapan. Perhatikan fungsi ruangan dan seberapa lama dalam satu hari ruangan tersebut akan digunakan. Lokasi ruangan juga harus diperhatikan, apakah dekat dengan sumber air dan memiliki kebocoran.

Berikut ini beberapa ruangan yang perlu menggunakan epoxy floor. Cermati and segera gunakan cat epoxy untuk melindungi dari kelembapan.

  • Kamar Mandi

lantai epoxy Kamar Mandi

Ruangan yang sangat lembab dari sebuah hunian nomor satu adalah kamar mandi. Walaupun Anda menggunakan kamar mandi kering dan kamar mandi basah, tetapi kelembapan tetap lebih tinggi. Saluran air yang terhubung ke kamar mandi juga sangat banyak. Inilah yang mempengaruhi kelembapan selain itu penggunaan cat epoxy juga akan menghindari lantai mudah licin. Lantai tidak akan licin dan Anda bisa menggunakannya dengan aman.

  • Area Dapur

Apakah Anda sering menghabiskan banyak waktu di dapur untuk memasak? Lantai dapur akan mudah kotor karena sering digunakan. Oleh karena itu, anda pasti akan sering mengepelnya, menghindari efek licin sebaiknya segera gunakan cat epoxy pada lantai. Dapur adalah ruang nomor dua setelah kamar mandi yang memiliki kelembapan cukup tinggi. Saluran air di dapur juga cukup banyak jadi cat epoxy perlu diaplikasikan.

Baca juga: Cara Membuat Dak Beton yang Kuat dan Anti Bocor

  • Teras Depan atau Belakang

Anda perlu memberikan lantai epoxy pada teras belakang rumah atau dapur. Ruangan ini cukup terbuka walaupun berada di bawah atap. Ketika hujan turun lantai akan mudah basah sehingga jamur akan mudah muncul di atas lantai. Menghindari masalah jamur, Anda perlu mengaplikasikan cat epoxy pada teras. Hal ini juga berlaku pada ruang balkon pada rumah atau gedung bertingkat. Teras yang juga terkena panas tidak akan memudahkan cat epoxy retak karena cukup fleksibel dan kuat menghadapi perubahan cuaca.

  • Parkiran Basement

Tidak hanya ruang untuk sebuah hunian saja yang membutuhkan cat epoxy. Salah satu ruangan dari gedung bertingkat yang sangat membutuhkan cat epoxy adalah ruang parkir yang ada di basement. Berada di bagian bahwa gedung membuatnya sangat mudah lembab apalagi jika terjadi kebocoran. Penggunaan cat epoxy untuk lantai beton sangatlah tepat sehingga lantai tidak licin dan berjamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *